Love Story | Harian Romantis

Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 05 Maret 2015

Love Story

0 komentar
Love Story



Definisi-definisi Cinta
Definisi cinta menurut perkembangannya ada banyak pengertiannya,, berikut adalah beberapa definisi yang admin rangkum dari sumber web yang ada.

1. Ada yang memberikan definisi "Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

2. Menurut Wikipedia "Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya.

3. Ada yang berpendapat bahwa "cinta adalah sebatas yang dirasakan. Sebab Definisi cinta. Terlalu sempit jika diartikan dengan kata-kata. Cinta itu bermakna luas. Cinta itu lepas dari kata definisi.

4. Menurut Scott Peck, "Cinta adalah keinginan untuk mengembangkan diri sendiri dengan maksud memelihara pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain. Cinta sejati selalu membawa pertumbuhan, bukan bersifat posesif yang obsesif (keinginan memiliki dilandasi motivasi yang salah, yaitu hanya untuk menyenangkan diri sendiri). Cinta dalam pertumbuhan, yaitu: Cinta itu membawa kebaikan bagi seorang yang sedang mencintai dan bagi seorang yang dicintai. Tidak membuat seseorang tertekan, dipaksa untuk mencintai, atau mengorbankan sesuatu secara salah dengan alasan cinta. Banyak remaja salah mengartikan cinta dengan jatuh cinta, namun sayangnya, pengalaman jatuh cinta itu hanya sementara, dengan siapapun seseorang jatuh cinta, cepat atau lambat, perasaan itu akan hilang dalam suatu kurun waktu tertentu.”

5. Menurut Les Parrott III dan Leslie Parrott "Cinta adalah suatu campuran yang aneh dari hal-hal yang bertentangan. Di dalam cinta terkandung kasih sayang dan kemarahan, kegairahan dan kebosanan, kestabilan dan perubahan, pembatasan dan kebebasan. Paradoks cinta yang paling mendasar adalah bahwa dua menjadi satu, namun tetap dua".

6. Menurut Sujarwa dalam bukunya, secara sederhana cinta bisa dikatakan sebagai paduan rasa simpati antara dua makhluk, yang tak hanya sebatas dari lelaki dan wanita.
“Cinta kasih sejati tak mengenal iri, cemburu, persaingan, dan sebagainya, yang ada hanyalah perasaan yang sama dengan yang dicintai, karena dirinya adalah diri kita, dukanya adalah duka kita, gembiranya adalah kegembiraan kita. Bagi cinta kasih pengorbanan adalah suatu kebahagiaan, sedangkan ketidakmampuan membahagiakan atau meringankan beban yang dicintai atau dikasihi adalah suatu penderitaan".

7. Erich Fromm mengatakan "cinta adalah suatu seni yang memerlukan pengetahuan serta latihan." Cinta adalah suatu kegiatan dan bukan merupakan pengaruh yang pasif. Salah satu esensi dari cinta adalah adanya kreatifitas dalam diri seseorang, terutama dalam aspek memberi dan bukan hanya menerima. Kata cinta mempunyai hubungan pengertian dengan konstruk lain, seperti kasih sayang, kemesraan, belas kasihan, ataupun dengan aktifitas pemujaan.

8. Filsuf Rusia, Salovjev dalam bukunya “Makna Kasih” mengatakan jika seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius, maka ia akan terlempar keluar dari cinta dirinya sendiri, dan ia mulai hidup untuk orang lain. *admin kurang setuju dengan definisi diatas

9. Yose Ortega Y. Gasset dalam “ On Love ” mengatakan bahwa di kedalaman sanubari seorang pecinta merasa dirinya bersatu tanpa syarat dengan objek cintanya. persatuan tersebut bersifat kebersamaan yang mendasar serta melibatkan seluruh eksistensinya.
10. Menurut KBBI Cinta itu suka sekali; sayang benar; Kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan). Dll

11. Mario Teguh mengatakan "Cinta adalah ketertarikan hebat yang tidak masuk akal, agar sepasang jiwa mengupayakan kebersamaan sebagai pasangan yang menghasilkan keturunan yang melanjutkan kehidupan." Cinta mampu memberi tanpa harus menerima. http://harianromantis.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar